TAMAN AKUARIUM


Share/Save/Bookmark
Biasanya akuarium dirumahan, ditata biasa dengan sedikit hiasan,,pompa udara tentunya dan juga penerangan lampu warna-warni, agar telihat lebih indah. Namun, dengan sedikit kekreativitasan (ribet amat),,kita bisa membuat taman didalam akuarium.
Taman Akuarium ada macam-macam polanya,,,seperti

Taman akuarium gaya Belanda (Dutch Style)
Taman akuarium gaya Belanda terlihat teratur, pengaturan yang simetris, dimana dihiasi beberapa jenis tanaman yang memiliki warna daun beragam,ukuran dan tekstur ditampilkan lebih sebagai tanaman terestrial seperti yang ditunjukkan dalam sebuah taman bunga.

. . .








Gaya lanscape ini dikembangkan di Belanda dimulai tahun 1930-an, sebagai peralatan akuarium air tawar yang dikomersialkan dan tersedia pada saat itu.

Taman akuarium gaya alam (Natur Style)
Pendekatan kontras adalah sifat atau gaya Jepang, Takashi Amano memperkenalkan buku “Nature Aquarium World” pd tahun 1990, kreasi akuarium Amano ini memicu gelombang minat atas akuarium bertaman,dan dia dianggap perangcang taman akuarium berpengaruh didunia.

. . .







Takashi Amano mencoba untuk meniru pemandangan alam dengan susunan asimetris dgn sedikit species tanaman, batu2 pilihan dan kayu2 apung pilihan. Tujuannya adalah membangkitkan cita seni landscape miniatur daripada sebuah taman penuh warna dalam akuarium.

. . .







Gaya arsitektur yg menarik ini sesuai konsep estetika Jepang atas Wabi-Sabi, yg berfokus pada kefanaan dan minimalis, dan Iwagumi, yg mengatur penempatan batu. Tanaman berdaun kecil biasanya ditekankan, dengan warna2 yg terbatas, dan ikan atau udang air tawar biasanya dipilih untuk melengkapi taman dalam akuarium ini.

Taman akuarium gaya Biotope
Gaya taman akuarium dibawah ini sering menggabungkan spesies tanaman dan hewan berdasarkan dampak visual yg diinginkan tanpa memandang asal usul geografis. Taman gaya biotopes ini dirancang bukan untuk meniru persis seperti habitat perarian tertentu dan pada lokasi geografis tertentu.

. . .








Taman gaya Paludariums
Pada gaya paludarium, sebagian berada di bawah air dan sebagian lagi diatas air. Hal ini memungkinkan tanaman dapat tumbuh dgn baik, akar tanaman tetap terendam air dan bagian pucuk tanaman tetap berada diudara, serta sebagian ada yg terendam total.

. . .








Taman akuarium karang laut
Taman akuarium gaya Belanda dan gaya alam adalah gaya tradisional sistem air tawar. Sebaliknya, tanaman hias yg relatif sedikit dapat tumbuh di akuarium air laut, biasanya berpusat pada karang yg ditiru dari alamnya. Sebuah susunan batu hidup membentuk struktur utama dari taman ini, dan dihuni oleh karang dan invertebrata laut lainnya, serta ganggang merah yg tampak seperti karang.

. . .






Gimana apa kalian mau mecobanya?

14 komentar:

Gadis Wanita Cewek ABG said...

Aquarium pa kolam ikan ya??? tpi btw sngt indah

msafru said...

Luar biasaaaaa, pasti perlu perawatan khusus yah?
kalau saya yg dirumah biasa aja lampu,kincir sama ikan tentunya

Alvhie aja ga pake N said...

@Gadis,,,itu akuarium di set seperti alam aslinya dgn sdikit modif jg..hee
@msafru,,,perawatan untuk tamannya sendiri ga perlu krna sebagian dari bhan plstik jg. cma ikannya aja yg mesti dirawat bener2. takutnya ga biasa,,seperti ikn hias misalnya.

Anonymous said...

mau tanya nih boss...
yang di Taman akuarium gaya alam (Natur Style)
rumput rumput hijau tuh apa namanya ya???

Anonymous said...

pengeeeeeeeeen buaaaaat... tapi lom ada budget... doain yaaaaaaaak... betewe ntu beneran plastik? ato tanaman asli? -bang ipuuuuul-

Anonymous said...

tanamannya asli lah..
kalo paludarium, rangka pondasi buat daratan dan batunya bisa dibuat dari plastik (polyurethane) biar ringan.

Anonymous said...

BANG KLO TANAMANNYA ASLI, ITU JENIS TANAMAN APA Y?

Anonymous said...

alangkah lebih hot lagi kalau disetiap photo diberi penjelasan tentang spesies yang terdapat didalamnya...mantaps

Anonymous said...

manstaaaabs.....

Anonymous said...

bagus banget

Anonymous said...

gan mau tanya nich............tanaman hidup yg bisa dijadikan hiasan dalam aquarium.........yang ada di sekitar kita apa aja gan............

Anonymous said...

dari dlu sya pngen pnya aquarium kya ini,dan stelah melihat ini sya mlai terinspirasi.terima kasih!!!!

Gada Bina Usaha said...

Keren....Thks ya...

ambonia67@yahoo.com said...

Ambonia67, Mantab buanged......jadi pengen...Trim's ya...

Post a Comment

Jangan lupa untuk meninggal jejak langkah mu disini...karna itu sangat berarti. Walau hanya satu huruf saja...(^_^)v