STEVE GADD DISCOGRAPHY


Share/Save/Bookmark

Gadd merupakan kelahiran dari Irondequoit, pinggiran kota Rochester, New York. Berawal dari dorongan pamannya yang adalah seorang drummer di “US Army” bagi Gadd untuk belajar drum, maka pada usia 11 tahun, Gadd belajar privat bersama Dizzy Gillespie.
Selepas lulus dari Sekolah Menengah Irondequiot Eastridge, Gadd masuk ke Sekolah musik Manhattan selama 2 tahun, sebelum di transfer ke Eastman School of Music di Rochester. Setelah menyelesaikan kuliahnya di akhir tahun 1960, Gadd bermain reguler bersama ..


Mangione bersaudara, Chuck dan Gap. Mereka pun lantas menelurkan album pertamanya yang berjudul Diana in the Autumn Wind (1968).
Gadd terdaftar untuk bermain di U.S. Army dan menghabiskan 3 tahun sebagai drummer di Program Army Music, dimana sebagian waktunya dihabiskan dengan Jazz Ambassadors yang merupakan Field Band dari U.S. Army di Rochester. Di tahun 1972, Gadd membentuk sebuah trio yang berisikan dirinya, Tony Levin, dan Mike Holmes. Mereka mengadakan tour ke New York. Tak lama berselang, Trio tersebut terpecah tetapi Gadd mulai banyak bekerja sebagai musisi studio. Tak hanya itu, Gadd juga bermain bersama Chick Corea dalam Return to Forever meskipun akhirnya meninggalkan band tersebut.
Pada tahun 1970 dan 80, Gadd mengadakan tour internasionalnya dan membuat album rekaman bersama Paul Simon, dan bahkan juga bersama A1 Di Meola (Electric Rendezvous Band). Sempat terjadi kebingungan bagi para fans karena ada drummer juga yang mempunyai nama yang sama. Maka pada tour di tahun 2005 dalam konser yang bertajuk “We’re on a Mission from Gadd”, ia menjelaskan bahwa ia tidak pernah bertemu dengan Steve Gadd yang lain. Meskipun mereka pernah menginap di hotel yang sama.
Di tahun 1976, Gadd bersama dengan musisi session yang lain (Richard Tee, Eric Gale, dan Cornell Dupree) membentuk group band yang bernama Stuff. Dengan Stuff, Gadd tampil di acara NBC (Saturday Night Live), baik membawakan lagu mereka sendiri ataupun membawakan lagu Joe Cocker.
Pada akhir tahun 1970, Steve Gadd sudah menjadi drummer yang terampil, dengan rekaman drum solonya yang sudah beredar di jepang. Chick Corea pernah berkomentar, “Setiap drummer ingin bermain seperti Gadd karena ia bermain secara sempurna. Permainannya mengkomposisikan orchestra dalam drum kitnya dan yang dalam waktu yang sama mempunyai imajinasi dan kemampuan swing yang luar biasa.
Gadd menunjukkan keunggulannya dalam permainannya di album Steely Dan yang berjudul Aja. Dimana perhatian ditujukan kepada ketepatan permainan drum Gadd dalam bagian coda di lagu tersebut, Album jazz Chick Corea yang berjudul Friends dan Three Quartets. Tak ketinggalan pula dalam album Jim Hall yang berjudul Concierto merupakan beberapa contoh permainan jazz Gadd.
Beberapa drummer yang menjadi favorite Gadd adalah Elvin Jones, Tony Williams, Jack DeJohnette, Billy Cobham, Buddy Rich, Michael S. Smith, dan Louie Bellson.
Pada tanggal 12 September 2005, Steve Gadd bersama Abraham Laboriel, dan Patrice Rushen menerima tanda kehormatan (bergelar Doctor of music) untuk kontribusi mereka yang luar biasa dalam musik kontemporer saat ini dan penampilan spesial mereka bagi para penonton di Berklee College of Music dalam acara pertemuan murid baru.
Steve gad menggunakan Yamaha Drum, ia telah bermain sejak 1976. baru-baru ini dia talah mengubah peralatan untuk pengaturan yang terdiri dari "Birch Custom Absolute" tom dan bass drum maple. Dia juga menggunakan krom atas kuningan Ludwig Supraphonic snare drum. Dia telah diminta untuk menyumbangkan ide-ide untuk menyumbangkan serangkaian tanda tangan Zildjian K Custom Session cymbal.


0 komentar:

Post a Comment

Jangan lupa untuk meninggal jejak langkah mu disini...karna itu sangat berarti. Walau hanya satu huruf saja...(^_^)v