MENGAPA KITA HARUS MENDENDAM?


Share/Save/Bookmark
DENDAM,,,satu hal yang sulit untuk dihilangkan dari segelintir orang-orang. Walau kata maaf sudah diucapkan,,,,dan janji saling memaafkan. kadang itu hanya khiasan dibibir saja. Nah supaya kata maaf tidak jadi slogan semata…
Yuks, ikuti tips dibawah ini,,,cekidot

1. Tanamkan dalam diri anda, bahwa manusia adalah tempat kesalahan. Jadi tidak adil, bila ada yang minta maaf tapi anda masih tak rela untuk memberikan maaf. Mungkin dia memang tak sengja melakukannya, kalaupun sengaja pahami dulu mengapa dia melakukan kesalahan tersebut.
2. Pahami bahwa “pekerjaan” minta maaf itu perlu perjuangan, perlu keberanian nyali super gede untuk melakukannya. Jadi kalau anda masih dendam juga kasihankan dia sudah bersusah payah minta maaf.
3. Harus anda sadari bahwa suatu saat andapun tak luput dari yang namanya salah. Dan mungkin saja kesalahan yang anda perbuat itu sama dengan kesalahan yang dia lakukan pada diri anda saat ini. Makanya hilang kan yang namanya dendam itu.
4. Gantilah dendam dalam diri anda itu dengan rasa kasih saying. Jangan ikuti perasaan anda, tapi tekadkan anda akan tersenyum pada semua orang yang mungkin pernah membuat kesalahan pada diri anda.
5. Ingat satu hal, dendam itu bisa membuat wajah anda tidak ceria lagi. Karena hati yang penuh dendam membuat raut wajah jadi panas, jelek, dan tidak sedap dipandang. Jadi apabila ingin tampil fresh dan cakep, buang jauh2 yang namanya dendam.
6. Coba pahami hati anda, kenapa anda sedemikian itu mendendam terhadap seseorang. Tanyakan kedalam hati, apakah ada manfaatnya mendendam terhadap seseorang terlalu lama? Setelah tahu jawabannya,,,tarik napas dalam-dalam, dan bayangkan anda tersenyum pada orang yang anda dendam.
7. Biasakan langsung menyelesaikan segala masalah yang membuat anda jadi dendam. Tanyakan kebenarannya, cari jalan keluarnya, sebab bias jadi yang membuat anda dendam itu ternyata salah pengertian saja.
8. Jangan membiasakan pikiran anda itu selalu memikirkan kesalahan orang lain. Justru pikirkanlah kebaikan dari orang tersebut. Memang, orang kadang lebih mudah mengingat kekurangan orang dari pada kelebihannya.
9. Jangan terlalu memikirkan semua masalah yang membuat anda jadi dendam..inga,,,inga,,masih banyak hal lain yang lebih penting untuk anda pikirkan.
10. Biarkan waktu yang menghapus semuanya. Bila dendam itu tak kunjung reda dalam hati mu, jalan keluarnya biarkan saja. Tak perlu memikirkannya kembali..

0 komentar:

Post a Comment

Jangan lupa untuk meninggal jejak langkah mu disini...karna itu sangat berarti. Walau hanya satu huruf saja...(^_^)v