TSUNAMI


Share/Save/Bookmark

Tsunami berasal dari bahasa jepang yang berarti gelombang pelabuhan (harbour wave). Tsunami adalah sederetan gelombang laut yang sangat besar disebabkan oleh gangguan impulsif pada media air laut yang dapat dibangkitkan oleh gempa bumi dangkal yang kuat didasar laut, erupsi gunung berapi, longsor atau kedakan nuklir. Tsunami dapat mencapai ketinggian 35 meter didaerah pesisir dan dapat masuk kedaratan (run-up) sampai sejauh 3 km.
Pada laut yang dalam gelombang tsunami dapat menjalar dengan panjang gelombang yang besar, tinggi gelombang yang kecil dan mempunyai kecepatan yang tinggi. Tsunami akan menjadi berbahaya ketika memncapai pantai atau memasuki daerah laut dangkal karena mempunyai tinggi gelombang yang besar dan tajam walaupun kecepatannya menurun.
Kecepatan tsunami pada saat mencapai pantai berkisar antara 10-15m/dtk.
Gelombang tsunami dapat menghanyutkan rumah-rumah dan kapal-kapal serta dapat mengangkat akar pepohonan. Korban jiwa pada tsunami pada umunya disebabkan karena tenggelam dan terluka oleh material yang bawa tsunami.
Mengenal datangnya tsunami:
Sebelum datangnya tsunami terlebih dahulu akan terasa getaran kuat selama รด4 menit karena gempa bumi dan biasanya diikuti surutnya permukaan air laut serta beberapa saat kemudian terdengar bunyi gemuruh

0 komentar:

Post a Comment

Jangan lupa untuk meninggal jejak langkah mu disini...karna itu sangat berarti. Walau hanya satu huruf saja...(^_^)v