HAL-HAL YANG MEMPENGARUHI DAYA INGAT KITA


Share/Save/Bookmark

1. Pengaruh Fisik
Kesehatan kita yang buruk, seperti lelah dan kekurangan gizi, dapat mengakibatkan kinerja daya ingat kita buruk.
-Olah raga secara teratur, dapat mengingatkan daya ingat, kreativitas, dan mood kita. Karena sel otak bisa terangsang untuk terus tumbuh dan berkembang. Selain itu, juga untuk melancarkan aliran darah ke otak, yang membawa oksigen dan masukan nutrisi ke otak kita.
-Pada pertemuan Society For Neuroscience di Montreal, ditunjukkan bahwa orang yang melakukan jogging secara rutin, mampu belajar dan mengingat lebih baik dari pada mereka yang tidak pernah melakukan jogging.
-Buat kita yang tidak suka berolahraga atau tidak punya waktu banyak, sempatkan berjalan kaki 20-30 menit saja, untuk meningkatkan kemampuan otak.
-Teknik relaksasi sapat membantu meningkatkan kinerja daya ingat kita. Seperti yoga dan meditasi.
_Tidur malam yang cukup akan membuat ingatan kita kuat.
2. Pengaruh Makanan
Makanan yang kita makan dan masukan gizi sehari-hari, dapat mempengaruhi daya ingat kita.
-Ikan baik dikonsumsi, karena selain mengandung protein, juga kaya akan omega 3. zat omega 3 yaitu zat yang berfungsi untuk mempertahankan kesehatan otak dan mengatur aktivitas neurotransmitter (pengantar rangsangan ke otak).
-Telur mengandung zat kaolin, zat besi, protein, magnesium, serta zinc, yang semuanya berfungsi untuk meningkatkan daya ingat.
-Vitamin B juga sangat berpengaruh terhadap daya ingat. Sumber vitamin B kompleks terdapat pada kacang-kacangan, seperti ; kacang hijau, kacang kedelai, kacang buncis, kacang merah, dan kacang panjang.
-Awas!!! Rokok, kafein, dan alcohol dapat menurunkan daya ingat kita.
3. Pengaruh Musik
Musik klasik akan memicu daya kerja otak. Karena musik klasik mempunyai irama musik yang variatif, sehingga cenderung memancing otak untuk lebih giat bereaksi.
-The Mozart Affect merupakan hasil penelitian mengenai karya musik yang dikomposisi oleh Wolfgang Amadeus Mozart. Penelitian tersebut menyatakan bahwa komposisi-komposisi musik komponis asal Austria tersebut mampu meningkatkan kerja otak.
-Penelitian yang dilakukan McGill University di Montreal, juga membuktikan bagaimana rhythm, melody, dan harmony dapat meningkatkan daya ingat.

Kalo musik jepang gimana ya???http://www.emocutez.com

Asalkan iramanya menghentak, bervariasi dan bikin semangat ternyata bisa juga memicu kerja otak kita…...http://www.emocutez.comhaa

2 komentar:

Anonymous said...

cuman 2 hal ini saja???

Anonymous said...

tq

Post a Comment

Jangan lupa untuk meninggal jejak langkah mu disini...karna itu sangat berarti. Walau hanya satu huruf saja...(^_^)v