KEKUATAN WARNA YANG TERSEMBUNYI


Share/Save/Bookmark

Pada suatu hari, pencuri memasuki sebuah rumah dan mencuri sebuah televisi. Esok harinya, dengan sangat terkejut, korban pencurian itu menemukan televisinya di halaman. Di TV itu tergantung sehelai kertas yang berbunyi..."Ga ada warna, ga menyenangkan..."
Memang, warna adalah suatu fenomena ajaib dan misterius. Bayangkan apa yang akan terjadi bila dunia ini tidak ada warnyanya???
Pada umunya orang baru menghargai atau mengakui nilai dari sesuatu setelah ia kehilangan sesuatu itu. Ini benar adanya apabila kita berbicara tentang warna, kita akan menghargainya setelah warna itu sudah lenyap.
Warna memainkan peranan yang sangat penting dalam dunia ini,,termasuk dalam kehidupan para artis profesional, perancang mode, dekorator interior, dll. Banyak di antara mereka yang tidak dapat berfungsi tanpa warna. Para pendeta Mesir kuno, yang terkenal akan ilmu gaibnya, maupun para ahli feng shui Cina, percaya bahwa warna mempunyai 'getaran' atau kekuatannya sendiri yang hebat.
Hal ini tidak banyak bedanya dengan jendral ambisius yang merundingkan masalah kenegaraan dengan lawan-lawannya, atau seorang politikus yang berusaha meyakinkan dan meminta rakyat dalam pidato kampanye untuk memilihnya. Mereka ini mungkin memiliki rahasia berupa warna yang terpilih yang di kenakannya untuk memperkuat kesempatan meraih sukses. Pilihan warna mereka ini mungkin berpengaruh pada pikiran bawah sadar rakyatnya. Setiap hari, pikiran bawah sadar kita juga di pengaruhi oleh kekuatan warna yang di pilih oleh individu-individu licik semacam itu.
Sekelompok ahli ilmu jiwa, yang tergoda oleh topik yang kontroversial ini, melakukan studi terhadap sebuah jembatan merah tertentu yang punya riwayat sebagai tempat yang dipakai untuk bunuh diri dengan terjun dari jembatan tersebut. Mengapa jembatan merah, dan bukan jembatan didekatnya yang berwarna lain?
Saat yang tepat akhirnya tiba setelah para ahli ilmu jiwa itu mendapat ijin dari dewan kota untuk mengganti warna jembatan tersebut dengan warna yang lain, yakni warna netral "putih". Tahun berikutnya mereka heran, karna jembatan itu sudah tidak menarik lagi bagi mereka yang akan bunuh diri. Rupanya hal ini di sebabkan oleh penggantian warna jembatan.
Peristiwa yang di kemukakan di muka dapat di bandingkan dengan kasus seorang klien yang ketika berkonsultasi dengan seorang ahli geomansi, mengeluh bahwa orang tua yang tinggal dirumahnya selalu bertengkar setiap hari. Ahli geomansi itu melihat bahwa dinding dan pintu di bagian dalam rumah di cat dengan warna merah semua dan dengan tenang ia menasehatkan kepada kliennya untuk menggantinya dengan warna cat yang lebih sejuk. Segera setelah ini, "perang" di dalam rumahnya pun berakhir. Kisah seperti ini memang sulit untuk di percaya. Padahal kasus-kasus seperti inilah yang sering di tangani oleh para geomansi.
Di Amerika, para dokter juga menjadi makin sadar akan nilai warna dalam penyembuhan para pasiennya. Seorang dokter bedah malahan menjadi ekstrim dalm pendekorasian kamar-kamar di kliniknya dengan berbagai warna yang berbeda. Kamar yang satu di beri dekorasi dengan warna biru seluruhnya, dari dinding sampai permadani, tirai, sprei, dll. Sedangkan ketiga kamar lainnya di kerjakan dengan warna ungu, kuning dan hijau
kamar biru di gunakan untuk pasien jantung, yang ungu untuk mereka yang baru sembuh dari pembedahan jantung atau penyakit nafas, yang kuning merupakan warna aktif, untuk memperbarui energi dan mempengaruhi sistem peredaran darah dan sistem pencernaan makanan, dan yang hijau, terutama untuk meredakan syaraf pasien. Dokter bedah itu menyimpulkan bahwa makin muda tingkatan warna kamarnya, maka makin santai pula suasananya.
banyak dari suku-suku bangsa primitif yang menggunakan dinamika warna dalam kebudayaannya. Beberapa warna di gunakan dalam tari minta hujan, yang lain pada saat perayaan, dan yang lainnya lagi pada saat perang. Sedangkan dalam hal kamuflase, perang modern sekarang ini tidak banyak mengubah hal itu. Tidak disangsikan lagi bahwa di jaman primitif maupun di jaman sekarang, manusia sudah tahu tentang bagaimana caranya memanipulasi warna untuk kepentingannya.

0 komentar:

Post a Comment

Jangan lupa untuk meninggal jejak langkah mu disini...karna itu sangat berarti. Walau hanya satu huruf saja...(^_^)v