IREZUMI...TATO ALA JEPANG


Share/Save/Bookmark

Irezumi,,,yang berasal dari bahasa jepang yang berarti penyisipan tinta dibawah kulit atau lebih populernya disebut dengan tato.
Tato untuk tujuan spiritual dan dekoratif di Jepang diperkirakan untuk memperpanjang kembali setidaknya ke Jomon atau Paleolitik periode (sekitar 10.000 SM).
Dalam periode Yayoi (c. 300 SM-300 M) Irezumi di rancang sebagai symbol status dan memiliki makna ritual.

Sedangkan pada masa Kofun (300-600 M) tato mulai berasumsi konotasi negative,,selain sebagai symbol status dan bermakna ritual,,,tato digunakan kepada para penjahat sebagai hukuman.
Hingga periode Edo (1600-1868 M) peran tato dalam masyarakat Jepang berfluktuasi. Selain masih sebagai tanda hukuman, tato sudah mulai berkembang dalam dekorasinya. Saat itu di zaman Edo, tato dekoratif Jepang mulai berkembang menjadi bentuk seni yang maju dikenal hingga sekarang.
Pada awal periode Meiji pemerintah Jepang, ingin melindungi citra dan kesan yang baik di Barat, yaitu dengan melarang tato, dan irezumi karna berkonotasi kriminalitas. Namun sebaliknya para turis asing pergi ke Jepang mencari seniman tato, dan tato tradisional.

Sehingga tato disahkan oleh pasukan pendudukan pada tahun 1945, namun tetap mempertahankan citra kriminalitas. Selama bertahun-tahun, tato tradisional Jepang yang berhubungan dengan YAKUZA, mafia terkenal yang ada di jepang, dan banyak perusahaan di Jepang (seperti pemandian umum, pusat kebugaran dan sumber air panas) masih melarang pelanggan dengan tato.
Irezumi tradisional masih dilakukan oleh pakar tattooists, tapi ini menyakitkan, bahkan memakan waktu dan biaya yang cukup mahal. Irezumi tradisional (tato ini) yang menutupi lengan, punggung, kaki dan dada bagian atas, tetapi meninggalkan ruang untattooed di tengah-tengah tubuh dapat makan waktu satu sampai lima tahun untuk menyelesaikan kunjungan mingguan dan biaya lebih dari US $ 30.000. ckckckck

The Ainu people, penduduk asli Jepang, yang dikenal memiliki tato yang digunakan untuk tujuan dekoratif dan social. Diketahui tidak ada kaitannya dengan pengembangan irezumi.

0 komentar:

Post a Comment

Jangan lupa untuk meninggal jejak langkah mu disini...karna itu sangat berarti. Walau hanya satu huruf saja...(^_^)v