SEMUA TENTANG NANAS


Share/Save/Bookmark

Nanas, nenas, atau ananas (Ananas comosus (L.) Merr.) adalah sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari Brazil, Bolivia, dan Paraguay. Tumbuhan ini termasuk dalam familia nanas-nanasan (Famili Bromeliaceae). Perawakan tumbuhannya rendah, herba (menahun) dengan 30 atau lebih daun yang panjang, berujung tajam, tersusun dalam bentuk roset mengelilingi batang yang tebal. Buahnya dalam bahasa Inggris disebut sebagai pineapple karena bentuknya yang seperti pohon pinus. Nama 'nanas' berasal dari sebutan orang Tupi untuk buah ini: anana, yang bermakna "buah yang sangat baik". Burung penghisap madu (hummingbird) merupakan penyerbuk alamiah dari buah ini, meskipun berbagai serangga juga memiliki peran yang sama.
Buah nanas sebagaimana yang dijual orang bukanlah buah sejati, melainkan gabungan buah-buah sejati (bekasnya terlihat dari setiap 'sisik' pada kulit buahnya) yang dalam perkembangannya tergabung bersama-sama dengan tongkol (spadix) bunga majemuk menjadi satu 'buah' besar. Nanas yang dibudidayakan orang sudah kehilangan kemampuan memperbanyak secara seksual, namun ia mengembangkan tanaman muda (bagian 'mahkota' buah) yang merupakan sarana perbanyakan secara vegetatif.
Di Indonesia, propinsi Lampung merupakan daerah penanaman nanas utama, dengan beberapa pabrik pengolahan nanas juga terdapat di sana.
Hampir sama dengan pisang, nanas juga mengandung serat yang berguna untuk membantu proses pencernaan, menurunkan kolesterol dalam darah dan mengurangi resiko diabetes dan penyakit jantung. Serat dari 150 gram nanas setara dengan separuh dari jeruk
Buah ini banyak mengandung vitamin A dan C sebagai antioksidan. Juga mengandung kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, dekstrosa, sukrosa, dan enzim bromelain.
Asam chlorogen, yaitu antioksidan yang banyak terdapat di buah-buahan juga dapat ditemukan pada nanas. Asam ini memblokir formasi dari nitrosamine, zat yang dapat menyebabkan kanker. Nitrosamine terbentuk ketika daging olahan yang diberi pengawet dipanaskan pada suhu tinggi.
Penelitian menyebutkan nanas mempunyai asam amino esensial dan non esensial untuk membantu memperkuat sistem imun dalam tubuh, mengatasi kelelahan dan meningkatkan stamina dan energi. Zat valine dan leucine yang terdapat di dalam nanas juga dibutuhkan oleh tubuh kita untuk pertumbuhan dan memperbaiki jaringan otot. Zat ini juga termasuk salah satu zat esensial yang diperlukan untuk mempertahankan kadar energi tubuh kita. Zat amino non esensial, proline, penting untuk mempertahankan fungsi sendi dan tendon serta menguatkan otot jantung.
Nanas mengandung cystine yang berguna untuk pembentukan kulit dan rambut kita, membentuk formasi kulit dan mempercepat penyembuhan luka. Cystine juga membantu memperlambat proses penuaan dini.
Buah dan daun nanas bermanfaat pula membersihkan jaringan kulit yang mati (skin debridement). Sebuah percobaan yang dilakukan terhadap beberapa ekor tikus yang mengalami luka bakar memperlihatkan bahwa enzim dalam daun dan buah nanas dapat mengangkat jaringan kulit yang mati akibat luka bakar. Enzim ini terus bekerja sampai jaringan kulit yang sehat menampakkan diri.
Memang buah ini berpotensi menjadi tanaman obat. Menurut Dr. Setiawan Dalimartha dalam bukunya yang berjudul Atlas Tumbuhan Obat Indonesia,enzim bromelain dalam buah nanas berkhasiat sebagai antiradang, membantu melunakkan makanan di lambung, mengganggu pertumbuhan sel kanker, dan mencegah terjadinya penggumpalan darah (blood coagulation). Enzim ini merupakan salah satu enzim protease yang dapat menghidrolisa protein. Walaupun hampir semua buah-buahan mengandung enzim protease tetapi kadar enzim ini dalam buah nanas lebih tinggi dibandingkan buah lain sehingga dapat memberikan pengaruh pada yang mengkonsumsinya. Sehingga, ikatan protein pada mulut kita juga dapat rusak oleh enzim ini.
Salah satu bukti yang mungkin dapat kita lihat adanya pengaruh enzim ini adalah pada proses pembentukan jelly. Pada proses pembentukan jelly dari gelatin, kita dapat masukkan potongan buah nanas segar pada proses pendinginan. Setelah beberapa lama, yang seharusnya jelly terbentuk dengan adanya buah nanas ini, ternyata jelly tidak akan kenyal atau terbentuk sempurna melainkan akan hancur. Hal ini karena pada jelly terdapat ikatan protein dari gelatin dan ikatan ini terdekomposisi oleh adanya enzim bromelain dalam nanas.
Contoh yang menarik juga kita lihat pada buah nanas itu sendiri. Kita sering melihat ulat pada buah jambu, jeruk atau buah lain. Apakah diantara kita yang pernah melihat ulat atau serangga yang masuk pada buah nanas?.

Beberapa tips dalam memilih nanas yang baik
Nanas dapat berwana hijau atau kuning warnanya. Ketika memilih nanas, pilihlah nanas yang berat. Hal ini menandakan tingkat kesegarannya. Untuk melihat apakah nanas yang Anda pilih sudah matang atau belum, andalkan indra penciuman Anda. Buah nanas yang sudah matang mempunyai bau yang kuat, manis dan khas.
Buah nanas yang tidak matang terasa sangat kecut. Ketika nanas yang belum matang dipanen dari tanamannya, buah tersebut tidak akan bisa menjadi lebih matang lagi. Buah nanas yang tidak matang tersebut akan mulai membusuk. Karena buah nanas tidak mempunyai cadangan yang bisa diubah menjadi gula.
Rasa dan aroma dari buah nanas membuat buah tersebut sering dipakai sebagai hidangan pembuka. Selain itu nanas juga digunakan sebagai bumbu masakan karena rasanya yang khas.

Beberapa khasiat buah nanas yang telah masak:
1.bersifat dingin,
2.dapat mengurangi keluarnya asam lambung yang berlebihan,
3.membantu pencernaan makanan di lambung,
4.antiradang,
5.peluruh kencing (diuretik),
6.membersihkan jaringan kulit yang mati,
7.mengganggu pertumbuhan sel kanker,
8.menghambat penggumpalan trombosit.

Beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dengan buah nanas:
Menurunkan berat badan
Sediakan 1 buah nanas yang tidak terlalu matang, kupas lalu cuci sampai bersih. Potong seperlunya, lalu jus atau parut, kemudian peras airnya. Agar air sari nanas diperoleh secara maksimal, peras dengan menggunakan potongan kain bersih. Minum air nanas sekaligus. Lakukan 2 kali sehari.
Sembelit
Pilih 3 buah nanas yang belum masak. Kupas dan cuci bersih. Parut atau jus, kemudian peras airnya. Minum air perasan nanas 2 kali sehari setelah makan. Masing-masing setengah gelas.
Radang tenggorokan
Sediakan 2 buah nanas masak. Kupas kulitnya, cuci sampai bersih, potong seperlunya, kemudian parut atau dibuat jus. Peras airnya. Minum 3 kali sehari, masing-masing 1/3 bagian.
Kembung atau rasa penuh di perut karena pencernaan terganggu
Minum jus nanas sekitar 30 menit sebelum makan. Lakukan 3 kali sehari sekitar masing-masing sebanyak 1/2 gelas (150 cc).
Cacingan
Pilih 1 buah nanas muda. Kupas lalu cuci sampai bersih, kemudian bilas dengan air masak lalu parut. Peras dan saring air parutan. Minumkan sedikit demi sedikit pada anak yang menderita cacingan.
Ketombe
Sediakan 1/2 buah nanas yang sudah masak. Kupas kulitnya, parut, peras lalu saring airnya. Tambahkan perasan 1 jeruk nipis ke dalam air nenas. Aduk rata. Kemudia gosokan pada kulit kepala yang berketombe. Lakukan sebelum tidur dan keramaslah keesokan harinya. Lakukan 2-3 kali dalam seminggu.
Radang kulit (Dermatitis)
Sediakan 1/2 buah nanas yang sudah masak. Kupas, cuci bersih, lalu parut. Gosokkan pada bagian kulit yang sakit. Lakukan pada malam hari menjelang tidur. Biarkan semalaman dan cucilah pada esok hari.
Luka bakar, gatal, bisul
Ambil beberapa helai daun nanas, cuci sampai bersih lalu tumbuk hingga halus. Balurkan pada bagian kulit yang sakit.
Keseleo atau Memar
Sediakan 1 buah nanas matang, kupas, cuci bersih, potong-potong seperlunya. Jus potongan nanas tadi, dan minum airnya sekaligus.

Efek Samping:
1.Nanas muda berpotensi sebagai abortivum atau sejenis obat yang dapat menggugurkan kandungan. Karena itu, nanas dapat digunakan untuk melancarkan terlambat haid. Karena itu, perempuan hamil dilarang mengkonsumsi nanas muda.
2.memicu rematik. Di dalam saluran cerna, buah nanas terfermentasi menjadi alkohol. Ini bisa memicu kekambuhan rematik gout. Penderita rematik dan radang sendi dianjurkan untuk membatasi konsumsi nanas.
3.meningkatkan gula darah. Buah nanas masak mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Jadi, bagi penderita diabetes, sebaiknya tidak mengonsumsi nanas secara berlebihan.
menimbulkan rasa gatal. Terkadang sehabis makan nanas segar, mulut dan lidah terasa gatal. Untuk menghindarinya, sebelum dimakan, rendamlah potongan buah nanas dengan air garam. Sederhana bukan?

Resep kudapan dari buah nanas :
Bahan serabi:
375 gr terigu
1,5 sdteh garam
¼ sdteh soda kue
2 telur dikocok lepas
Pewarna hijau
950ml santan dari 1butir kelapa
Bahan saus:
250gr nanas diparut
200ml air.3bunga cengkeh
75gr gula pasir
1sdm tepung maizena
100gr nanas,dipotong kecil-kecil
Caranya:
Serabi:aduk tepung dan garam tambahkan telur sambil diaduk.Tuang santan sedikit-sedikit sambil diuleni hingga kalis.Setiap menuang sedikit santan adonan harus diuleni sebentar.Begitu sterusnya sampai santan habis.Keplok-keplok adonan 15menit.Tambahkan pewarna hijau dan soda kue.Aduk rata.Panaskan cetakan serabi lalu tuang adonan.Diamkan sampai berlubang-lubang.Tutup dan biarkan sampai matang.
Saus: rebus nanas dan air sampai mendidih,saring.Tambahkan cengkeh maizena dan gula.Masak sambil diaduk hingga meletup-letup.Tambahkan potongan nanas lalu didihkan sambil diaduk.
Setelah dingin sajikan serabi dengan sausnya
KUE NANAS
1.Bahan mangkuk:
200gr terigu.75gr margarine.1kuning telur.50gr gula halus.1/4 sdteh garam.1sdm air es.
Caranya: aduk menggunakan 2buah garpu sampai rata.Giling lalu cetak dicetakan pai.Tusuk-tusuk dengan garpu lalu oven 20mnt.
2.Bahan isi:50gr nanas parut.100gr margarine.75gr gula pasir.2telur.90gr terigu.
Caranya:kocok margarine dan gula pasir,masukan telur lalu kocok rata,tambahkan terigu.Aduk rata,tambahkan nanas.Tuang kedalam bahan kulit ,oven sampai matang.
Tata potongan nanas(dipotong tipis-tipis)dan ceri diatas kue.Olesi atasnya dengan agar-agar bening lalu biarkan membeku.
Bahan agar-agar bening:1/4 bungkus agar bubuk direbus dengan 125ml air.
untuk camilan dari nanas ini sebenarnya masih sangat banyak...karna udah panjang tulisannya jadi cari ndiri aja ya...!!!

sumbernya dari om wiki,,trus dari sini juga,,sebagian punya ini, yang disitu juga, disana,,ama yang ini

0 komentar:

Post a Comment

Jangan lupa untuk meninggal jejak langkah mu disini...karna itu sangat berarti. Walau hanya satu huruf saja...(^_^)v