TETRIS


Share/Save/Bookmark

Siapa sih yang ga tau dengan game yang satu ini,,,termasuk otak sendiri. waktu kecil suka banget dengan permainan ini,,,namun dengan beriringnya waktu, permainan ini mulai terlupakan oleh otak.
Tetris ini termasuk dalam permainan teka-teki yang didesain dan diprogram oleh Alexey Pajitnov pada bulan Juni 1985, pada saat ia bekerja di Pusat Komputer Dorodnicyn di Akademi Sains Uni Soviet di Moskow. Namanya dari tetris ini berasal dari awalan numerik Yunani tetra yang bermakna bangun dengan empat bagian.
Permainan ini (atau variasi lainnya) terdapat pada hampir setiap konsol permainan video dan komputer pribadi, begitu juga pada peralatan lainnya seperti kalkulator, ponsel, pemutar media portabel, PDA dan bahkan sebagai rahasia pada produk non-media seperti oskiloskop...(makanya sangat terkenal..hee)
Walaupun Tetris muncul kebanyakan pada komputer rumahan, permainan ini lebih sukses pada versi Gameboy yang dirilis pada 1989 yang membuatnya sebagai permainan paling populer sepanjang masa. Pada berita Electronic Gaming Monthly ke-100, Tetris berada pada urutan pertama pada "Permainan Terbaik Sepanjang Masa". Pada tahun 2007, Tetris berada di urutan kedua pada "100 Permainan Terbaik Sepanjang Masa" menurut IGN.
Pada permainan ini, berbagai macam tetromino yang terdiri dari empat balok akan jatuh. Tujuan dari permainan ini adalah dengan memanipulasi tetromino yang jatuh, dengan mengerakannya ke samping atau memutarnya, sehingga akan terbentuk garis horizontal tanpa celah, ketika sudah terbentuk, tetromino tersebut akan menghilang, sehingga tetromino diatasnya akan terjatuh. Ketika permainan berlanjut, tetromino tersebut akan jatuh lebih cepat. Permainan akan berakhir apabila tetromino berikutnya terhalang sehingga tidak bisa masuk.
Asal kalian tau, permainan Tetris ini ternyata masih populer di usianya yang ke-25 tahun( weew,,tua'an tetris dari pada otak haa) Bahkan, Tetris menjadi game yang paling laku di ponsel. Mengapa eh mengapa? karena eh karena sampai sekarang sudah 100 juta kali game tersebut diunduh, padahal berbayar.
Pencapaian tersebut diumumkan EA Mobile, anak perusahaan Electronics Arts Inc yang merupakan pemegang lisensi game tersebut sekarang. EA membeli lisensi Tetris dari Blue Planet Software. EA tak menyebut berapa nilai pembelian lisensi tersebut, tetapi untuk mengomersialkannya, sebagai gambaran, Tetris dijual 5 dollar AS untuk iPhone. Bayangin kalo produksi iPhone sampai ribuan bahkan jutaan???
Adam Sussman, Wakil Presiden EA Mobile, mengatakan, pencapaian tersebut merupakan momentum yang besar tidak hanya bagi EZ, tetapi juga bagi industri game di ponsel. Hal tersebut membuktikan bahwa game lawas pun tetap berjaya lintas generasi.
"Ia telah muncul di seluruh demografi, semua budaya," ujar Pajitnov, seperti dilansir AP, Kamis (21/1/2010). Menurut Sussman, Tetris saat ini memang sudah tersedia di 60 negara pada 64.000 handset berbeda dengan 20 persen di antaranya smartphone.
Kalo mau main,,langsung aja ke sini, di sini juga bisa.
Kalo ini videonya,,,keren tetrisnya dari manusia


sumber terkait

0 komentar:

Post a Comment

Jangan lupa untuk meninggal jejak langkah mu disini...karna itu sangat berarti. Walau hanya satu huruf saja...(^_^)v