DORAYAKINYA DORAEMON


Share/Save/Bookmark
Masih ingat kan dengan Doraemon,,,robot kucing yang mempunyai kantong ajaib yang menjadi sahabat sejatinya Nobita??
Dari jaman otak kecil dulu sampe sekarang masih ada di tayangkan. Namun kali ini bukan Doraemonnya yang ingin otak bahas,,,tapi makanan favoritnya.
Itu dia, namanya Dorayaki kue tradisional dari jepang yang bentuknya bundar sedikit tembam, terdiri dari dua lembar kue yang direkatkan dengan selai kacang merah. Dorayaki memiliki tekstur yang lembut dan mirip dengan kue Jepang yang disebut Kastela karena adonan yang mengandung madu.
Pada mulanya, Dorayaki hanya terdiri dari satu lembar kue bundar dengan pinggiran yang dilipat sedikit hingga berbentuk segi empat. Di bagian tengah kue diberi selai kacang yang disebut azuki.
Pada tahun 1914, kue Dorayaki yang terdiri dari dua lembar diperkenalkan oleh perusahaan kue Usagiya dengan menggunakan adonan yang mirip adonan Kastela. Dorayaki yang terdiri dari dua lembar kue dan berbentuk bundar kemudian menjadi populer di seluruh Jepang.
Menurut cerita yang bisa dipercaya, kue dinamakan Dorayaki karena bentuknya yang mirip gong (bahasa Jepang: dora). Menurut cerita lain, pendekar bernama Saito Musashibo Benkei adalah pencipta Dorayaki. Benkei menderita luka dan harus dirawat di rumah penduduk. Setelah sembuh, Benkei memanggang adonan dari campuran air dan tepung terigu di atas gong. Hasilnya berupa kue bundar berisi selai kacang kemudian diberikan kepada orang yang merawatnya sebagai ucapan terima kasih. Masih ada beberapa cerita lain tentang asal-usul Dorayaki sehingga sulit memastikan cerita mana yang paling benar.
Buat kalian yang ingin membuatnya sendiri di rumah,,,nih otak kasih resepnya
Bahan kulit:
• Telur 3 butir
• Gula halus 150 gram
• Baking powder kurang lebih ½ sendok the
• Tepung terigu 180 gram
• 1 sendok makan madu
• Air secukupnya
Bahan isi:
• Kacang hijau ¼ kg
• Gula secukupnya

Cara membuat:
Semua bahan kulit di campur jadi satu, di buat kental seperti adonan martabak. Lalu dengan menggunakan Teflon yang panas dan di olesi mentega, masukkan satu sendok besar adonan, dan jangan lupa di balik. Setelah agak menguning lalu di angkat.
Untuk isinya , kacang hijau di rebus dan di buang airnya lalu di haluskan dan di campur gula, dan di panaskan di kuali sampai agak mongering.
Ambil dua kulit dorayaki yang sudah masak, kemudian oleskan salah satu kulit dorayaki tadi dengan kacang hijau dan tutup dengan kulit lainnya.

1 komentar:

putra said...

Wah ,, banyak juga versi ceritanya ya ..
Btw doraemon sama nobita koq ngak gede gede ya .. wkwkwkw

Post a Comment

Jangan lupa untuk meninggal jejak langkah mu disini...karna itu sangat berarti. Walau hanya satu huruf saja...(^_^)v