PREDATOR CERDIK DI SAMUDERA


Share/Save/Bookmark
Masih ingat ga kalian sama filmnya free willy??? Ato udah lupa!!!
nih otak ingatin lagi

udah ingat kan. Paus yang ada di film tersebut namanya willy, waktu pertama otak nonton filmnya, tu paus lucu banget kayanya pengen meliharanya...hee
Tapi setelah otak tau, paus yang lutu tersebut ternyata seekor predator yang mengerikan...
Namanya Paus Pembunuh atau Orca (Orcinus orca) adalah spesies terbesar dari keluarga lumba-lumba. Panjang tubuhnya kira-kira 7-9 meter, dengan berat antara 3 – 10 ton . Siripnya dapat tumbuh hingga mencapai 2 meter. Paus pembunuh berwarna putih dan hitam. Paus ini, termasuk golongan paus bergigi yang paling berbahaya dan bahkan menyerang paus yang dua kali ukuran tubuhnya sendiri. Orca berburu dalam kelompok besar dan menggunakan banyak taktik cerdik. Mereka akan berenang sampai ke tepi pantai untuk membunuh anjing laut. Saat menemukan penguin atau anjing laut di atas es yang mengapung, paus-paus itu akan mendorong es sampai mangsanya jatuh ke air. Paus pembunuh bahkan dapat menghancurkan lapisan es dengan tubuhnya untuk meraih mangsa. Kebanyakan populasi memakan ikan, sementara populasi lainnya memakan mamalia laut seperti singa laut, anjing laut, walrus, beruang kutub, hiu hingga paus besar.
Spesies ini ditemukan di seluruh samudera, dari kawasan dingin seperti Artik dan Antarktika hingga kawasan bersuhu hangat. Paus Pembunuh merupakan predator, namun menjadi predator berukuran raksasa, ternyata tidak melulu memanfaatkan besar tubuh untuk menangkap mangsa. Seekor ikan paus pembunuh, berhasil memangsa elang-elang laut hanya dengan bermodalkan ikan kecil sebagai umpan. Mamalia pintar tersebut bahkan tidak egois. Umumnya paus berusia muda mengajari paus-paus lainnya, bagaimana menggunakan otak untuk menangkap mangsa-mangsa tidak terjangkau. Peristiwa menarik ini pernah terjadi di perairan Marineland, Amerika Serikat. Michael Noonan, seorang profesor perilaku binatang dari Universitas Canisius, Buffalo, New York, menemukan peristiwa itu secara kebetulan. "Suatu hari saya memperhatikan salah seekor paus menemukan cara untuk memancing elang-elang laut itu turun ke air," kata Noonan. Noonan pun mencatat kejadian itu. Pertama, paus pembunuh itu memuntahkan ikan yang sudah dikunyah ke permukaan air. Lalu paus itu bersembunyi di bawah air dan menunggu. Jika seekor elang laut yang lapar mendarat di air, paus itu langsung muncul ke permukaan dan menangkap makanan gratis itu. Ternyata, jebakan ini dilakukan berulang-ulang oleh paus muda itu. Beberapa bulan berikutnya, seekor saudara ikan paus mengadaptasi trik ini. Akhirnya, perilaku ini menyebar dan sekarang sudah lima paus pembunuh yang mengganti diet mereka sebelumnya, dengan hidangan burung segar. "Sepertinya paus yang lain belajar di saat paus muda itu beraksi. Perilaku ini dulu dipercaya merupakan kemampuan yang membedakan manusia dengan binatang," tukas Noonan. Sebelumnya, hanya hewan-hewan tertentu seperti lumba-lumba dan simpanse yang dipercaya memiliki kecerdasan tersembunyi.

Ini salah satu cara paus pembunuh menyerang mangsanya
Pertama-tama dia akan mengintai sang korban

Lalu mengikutinya dari belakang sampe kapan pun dan di mana pun ...hee

Setelah nemukan waktu yang tepat,,,dengan ekornya yang besar dia pukulkan ke badan calon mangsanya sampai ko'it

Setelah itu ke dapur buat di masak,,,,hee sori becanda (benang merah)
pokoknya tu mangsa siap di santap deh..(^_^)V












berbagai sumber

0 komentar:

Post a Comment

Jangan lupa untuk meninggal jejak langkah mu disini...karna itu sangat berarti. Walau hanya satu huruf saja...(^_^)v