LAGI-LAGI,,KEUNIKAN NEGARA JEPANG


Share/Save/Bookmark
orang jepang pikir lagu “nona manis siapa yang punya” sama dengan “rasa sayange”. lirik lagu-nya kayak gini jadinya : “nona manis siapa yang punya, nona manis siapa yang punya, nona manis siapa yang punya, rasa sayang, sayange .. ”

anak sma (cowok/cewek), hobby bgt pake gantungan kunci yg ukurannya gede dan berbentu boneka.

kalo tissue wc udah kita pake sampe habis, di gulungan terakhirnya ada tulisan “terima kasih banyak selalu menggunakan tissue ini!”. serasa ada orang dari perusahaan tissue wc-nya disebelah wc kita.

coklat di jepang ragamnya sangat membosankan (di supermarket). mayoritas coklat disini adalah coklat batangan tanpa topping apapun! dan yang paling banyak kedua adalah coklat macadamia atau almond yang dibentuk bulet2. jadi nyari coklat batang isi kacang mete kayak silverqueen, atau coklat batang isi kacangnya cadbury, dll susah banget. nyari yang setaraf coklat lindt juga rada susah ya kalo di supermarket.


yoshinoya, matsuya, sukiya, dan semua restoran yang belakangnya “ya” atau restoran-restoran yang biasanya hanya punya tempat duduk di counter, adalah restoran murah. jadi cewek-cewek jepang biasanya ga mau dateng kesini. perhatiin deh jarang banget ada cewek jepang mampir ke restoran2 tipe kayak gini, mayoritas isinya cowok. kalopun ada cewek, biasanya orang asing hehe.

di jalan tol, ada pintu tol khusus untuk yg berlangganan kartu. jadi kalo kita punya kartu langganan ini, kita ga perlu berhenti di pintu tol. kita terobos aja pintu tol ini, ntar beberapa saat sebelum kita nabrak penutup gerbangnya, pasti pintu nya kebuka sendiri. jadi cara bekerja pintu ini adalah dengan mendeteksi sensor kartu yang di taro di dalem mobil kita. kalo kita punya kartu ini, pintu gerbang itu akan otomatis terbuka.

iklan les bahasa inggris bertebaran dimana-mana. Bahkan sering ada iklan-iklan di tv yang ada di kereta dengan konsep “one point english lesson”, jadi disini kita akan diajarkan beberapa ekspresi bahasa inggris hanya dalam waktu sekitar 5 menit. dan setiap hari ekspresi yg diajarin diganti-ganti.

kucing2 jepang semuanya penakut! sampe saat ini gw cuma pernah berhasil megang 1 kucing dari 30an kucing yang pernah pengen gw coba pegang. rata2 mereka galak2, begitu tangan ngedeket pasti langsung bunyi “hahh!!”. ini berlaku bagi smua kucing, mau kucing liar kek, kucing peliharaan kek.

kalo seseorang memberikan kartu namanya ke kita, kita ga boleh masukin kartu itu ke dalam kantong / dompet selama orangnya masih ada di depan kita. jadi kalo posisi kita berdiri, ya pegangin terus deh tuh kartu. kalo posisi kita duduk, taro kartu namanya di meja. masukin kartu nama mereka ke dalam kantong / dompet = sesuatu yg sangat gak sopan.

buah di jepang harganya mahal banget!! hati2 bagi pecinta buah.

disepanjang jalanan umum (jalan besar) pasti ada jalur khusus utk orang buta. dan jalur ini gak putus2! bener2 salut sama jepang.


org jepang jarang memasang foto dirinya sendiri yg keliatan jelas di social networking atau blog.

tradisi mereka di hari terakhir ngantor sebelum tahun baru adalah membersihkan kantor bersama-sama.

jaman dulu ada kasta di jepang (sama kayak india)

perceraian banyak terjadi di umur 50 ke atas (terutama setelah pensiun). faktor penyebabnya krn si suami biasanya terlalu konsen bekerja sehingga jarang ketemu istri. begitu pensiun, tiap hari ketemu istri, dan mulai terasa ketidakcocokan.

adegan nganterin pacar sampe rumah ga berlaku di jepang! cukup nganterin sampe station. kalo perginya rame2, bahkan ga perlu dianterin sampe station, jadi si cewek jalan sampe station bareng temen2nya .

orang jepang ga terlalu suka manis, terutama dalam hal teh dan kopi. kalo minum teh udah pasti minum ocha (teh jepang tanpa gula) dan kalo minum kopi mereka lebih prefer black coffee (tanpa gula).

kita bisa melihat bapak2 ber-jas dan wanita karir lengkap dengan blazernya yang pergi ke kantor dengan menggunakan sepeda !

kalo dibanding dengan negara lain, biaya hidup di jepang termasuk level medium (gak semahal australia dan negara2 eropa). Jadi buat para turis, jangan takut ke jepang krn mahal. faktanya, harga makanan disini ga terlalu mahal, baju-baju juga standard.

banyak ibu2 atau bapak2 atau nenek2 yang bawa kereta bayi, tapi begitu diintip isinya ternyata anjing.

kereta di jepang cuma beroperasi sampe jam 12 – stengah 1 malem. Jadi bagi orang yang ketinggalan kereta, biasanya capsule hotel, karaoke, restaurant 24 jam, menjadi pelarian mereka.

cewek SMA roknya wajib diatas lutut! wohoo!



sama kayak orang indonesia, mereka ga mengumbar kata “cinta“. jadi untuk menyatakan perasaan sayang mereka memakai kata “suka”. cinta bermakna lebih dalam dan dipake ketika udah menikah dll.

judi, prostitusi, dunia entertainment dan sebagainya memakai yakuza sebagai backingannya.

3 komentar:

Nabilla Ghina Z. said...

Wauw. Info menarik. Like this.

Chomisah Noer said...

UNik tpi pling gak setuju tuh yg di postingan paling bawah yg rok mmini entu ku gak suka ngeliatnya tp emang dari sananya yah.. untng aku jadi ornag Indonesia..

Alvhie aja ga pake N said...

@nabila,,,,ty
@Chosimah,,,,iya yah, klo di sini juga kya gitu. bisa ga konsen belajarnya..hee

Post a Comment

Jangan lupa untuk meninggal jejak langkah mu disini...karna itu sangat berarti. Walau hanya satu huruf saja...(^_^)v